Obyek Wisata Selo

gunung-merapi

Selo merupakan sebuah wilayah kecamatan dimana terletak Gunung Merapi dan Merbabu. Kawasan ini menjadi lahan pertanian yang subur bagi sayur mayur dan telah dikembangkan menjadi sebuah desa wisata di wilayah Desa Samiran dan Desa Lencoh.

Apabila kita datang berkunjung menikmati jadah bakar – tempe bacem srundeng sambil memandang alam nan elok akan menjadi salah satu kenikmatan tersendiri ditambah dengan sapa ramah penduduk.

Gunung Merapi dan Merbabu merupakan obyek pendakian yang sudah tidak asing lagi bagi telinga. para peminat hoby yang satu ini.
Para pendaki kini dapat menikmati penginapan dengan fasilitas air panas dan berolah raga tenis di alam yang asri
Route pendakian yang menantang membuatnya semakin diminati. Pendakian melalui Selo memakan waktu rata-rata 5 jam hingga ke puncak.

Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang masih sangat aktif hingga saat ini. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah menunjukkan keaktifannya dengan mengeluarkan letusan sebanyak 68 kali. Letaknya cukup dekat dengan Yogyakarta dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m. Bagi masyarakat di tempat tersebut, Merapi membawa berkah material pasir, sedangkan bagi Pemerintah Kabupaten Boyolali, Gunung Merapi merupakan sebuah obyek dan daya tarik bagi para wisatawan, yang salah satu diantaranya dikemas menjadi sebuah Upacara Tradisional Sedekah Gunung Merapi.

Kini Merapi ditetapkan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Di Kecamatan Selo banyak terdapat kesenian tradisional yang berupa tari-tarian rakyat antara lain yang terkenal yaitu :

  • Tari Turonggo Seto
  • Tari Prajuritan
  • Tari Topeng Ireng,
  • dan masih banyak lagi